Jumat, 14 September 2012

ILMU KALAM KELAS 12 MAN


MAKALAH KALAM



“Mauqif dan Hikmahnya”

Ditulis Oleh :
                                      - Ismail
                                      - Ibrahim
                                      - Danief Iman K.
                                     




KEMENTERIAN AGAMA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1
PURWOKERTO
2012





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita ucapkan terhadap Alloh Yang Maha Esa, atas berkah dan rahmat-Nya maka kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan semampu kami.
            Makalah ini dibuat dengan tujuan agar kita mengetahui tentang Mauqif dan penjelasannya. Agar kita bisa memperdalam ilmu agama.
            Penyelesaian makalah ini juga bersumberkan dari pengetahuan yang kami miliki seputar hal ini.
            Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, mengingat pengaruh budaya asing yang berkembang sangat pesat di Indonesia pada saat sekarang ini membuat kita lupa kepada ilmu agama. Oleh karena itu, diharapkan saran dan kritik sebagai penyempurnaan makalah ini.





















BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
    
     Sekarang ini banyak yang tidak tahu tentang ilmu agama ,itu karena kita telah banyak dipenuhi dengan hal-hal yang bersifat dunia saja .maka dari itu kami akan menjelaskan sedikit tentang “mauqif” dan penjelasannya
     Seperti yang kita ketahui bahwa rukun iman kelima adalah iman kepada hari akhir. Apa apa yang akan terjadi di hari kiamat telah diberitakan oleh Rosul sholallohu alaihi wassalam. Salah satunya adalah mahsyar.tempat semua manusia berkumpul untuk menanti keputusan,dan.hanya ada dua  tempat yaitu surga dan neraka.

B.   PERUMUSAN MASALAH

1.      Apa Pengertian Mauqif  beserta penjelasannya ?
2.      Bagaimana Pertanggung jawaban amal ?
3.      Bagaimana Buku catatan amal perbuatan kita ?


C.   TUJUAN

      Makalah ini dibuat dengan tujuan agar kita mengetahui tentang Mauqif dan penjelasannya. Agar kita bisa memperdalam ilmu agama.


                                                          






BAB II
PEMBAHASAN


A.Pengertian Mauqif  beserta penjelasannya

    Mauqif secara bahasa berarti tempat berhenti,Manusia akan di bangkitkan dari kuburnya pada hari kiamat dialam yang benama makhsyar.alam ini tidak berlantai tanah melainkan bagai perak yang berkilau dan matahari diatas kepala hanya berjarak 7 hasta saja dan disana tidak ada pohon atau tempat untuk berteduh
     Manusia berdesakan karena banyaknya manusia,mereka berdesakan dalam keadaan panas sampai sampai mereka terendam oleh keringatnya sendiri tergantung amal perbuatannya
     Alloh swt memerintahkan api untuk menggiring manusia menuju mauqif .disana akan ditimbang amal perbuatannya untuk menentukan apakah ia akan masuk surga atau neraka






B.Pertanggung jawaban amal manusia
    Pada hari ini Alloh swt memperlihatkan semua amal perbuatan manusia yang telah mereka lakukan di dunia,kemudian Alloh akan memberikan balasan pahala atau siksa atas perbuatan mereka yang telah dilakukan didunia,dan mereka harus mempertanggung jawabkan semuanya ,inilah yang kemudian disebut yaumul hisab
    Apakah hisab itu ? Hayo siapa yang tahu ..
Hisab adalah hari perhitungan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidup didunia
Firman Alloh swt dalam surat Al-Insyiqaq ayat 8 :
Artinya : 8. maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,
   Pada peristiwa itu ,para rosul akan dimintai pertanggungjawaban tentang amanat yang Alloh swt titipkan kepada mereka.
Orang – orang yang akan dihisab dalam keadaan berbaris ,
seperti diterangkan dalam surat alkahfi ayat 48 :
Artinya : 48. Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama; bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu[883] (memenuhi) perjanjian.
Yang dimaksud dengan waktu di sini ialah hari berbangkit yang telah dijanjikan Allah untuk menerima balasan.

Orang –orang yang mendustakan para rosul ingkar kepada tuhan dijelaskan mereka berdatangan dalam keaadan dirantai pada QS.Ibrahim 49-51 yang artinya :
49. Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu.
5O. Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka,
51. agar Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan. Sesungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya.


C. Catatan Amal Perbuatan
   Pada akhirnya ,mereka semua akan di beri buku catatan amal perbuatan yng berisi komplit amal perbuatannya.mereka akan menerima dengan cara yang beda .orang islam akan menerima dari depan dengan tangan kanan ,sedangkan orang kafir dari belakang dengan tangan kiri seperti Firman Alloh dalam surat Al-insyiqaq ayat 7-9 yang artinya :
7. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya,
8. maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,
9. dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.

         Ketika orang mukmin melihat amal sholeh dalam buku catatan amalnya mereka gembira dan mengungkapkannya dengan suara yang lantang .seperti dalam surat Al-Haqqah ayat 19-24 yang artinya :
19. Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya[1508] dari sebelah kanannya, maka dia berkata: "Ambillah, bacalah kitabku (ini)."
20. Sesungguhnya aku yakin, bahwa sesungguhnya aku akan menemui hisab terhadap diriku.
21. Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai,
22. dalam syurga yang tinggi,
23. buah-buahannya dekat,
24. (kepada mereka dikatakan): "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu."
  Sebaliknya orang orang kafir dijelaskan dalam surat  Al-jatsiyah ayat 29 bahwa mereka meratapi dan menyesali semua yang telah terjadi
Artinya : : "Inilah kitab  Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan".
 Hikmah dari Mauqif adalah :
1.agar kita senantiasa ingat kepada hari akhir
2.agar kita senantiasa memperbanyak amal sholih
3.agar kita lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu



BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
mengingat pengaruh budaya asing yang berkembang sangat pesat di Indonesia pada saat sekarang ini membuat kita lupa kepada ilmu agama.tetapi itu semua bisa di minimalisir dengan cara sering membaca buku agama ,banyak mengikuti pengajian ,bergaul dengan teman yang baik dan sholeh agar kita mendapat ilmu dari dia ,,ibaratnya orang yang berteman dengan minyak wangi pasti lama kelamaan tertular baunya .sebaliknya orang yang berteman dengan tukang besi pasti ikut terbawa sifat kerasnya besi.

B.   SARAN

Kepada umat islam agar kita senantiasa ingat kepada hari akhir dan
senantiasa memperbanyak amal sholih serta kita lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar